Sabtu, 18 Oktober 2008

tempat wisata di salatiga

Pemandian Muncul
pemandian muncul Pemandian alam, dengan air yang selalu bersih berasal dari mata air di dasar kolam renang. Sekitar 8 km dari Salatiga, melalui Jalan Imam Bonjol ke arah Banyubiru, Ambarawa. Selain kolam renang, Muncul terkenal dengan sate keong dan pecel belut. Pemandian muncul dikelola oleh Dinas Pariwisata, Kabupaten Semarang.

kalitamanKolam Renang Kalitaman
Terletak di Jalan Kalitaman, sebelah timur tugu Tamansari, ke arah Karang Pete. Dulu pernah ada hotel bernama Hotel Kalitaman

Mataair/Sendang Senjoyo
mata air senjoyo Sumber air utama PDAM Kota Salatiga, terletak sekitar 8 km dari Salatiga ke arah Solo, dekat dengan Tingkir

Kopeng (dataran tinggi)
Sekitar 13 km dari Salatiga ke arah Magelang. Tempat yang ‘dingin’ dengan produk khas tanaman hias, pemandian kopengwalaupun sebenarnya tanaman hias yang dijual di Kopeng sebagian besar didatangkan dari luar Kopeng (dari Bandung, Malang, Bandungan dan lain-lain). Selain kolam renang yang ’super dingin’, Kopeng juga dilengkapi dengan Hutan Wisata (hutan cemara milik Perhutani), yang dapat digunakan untuk berkemah.

Jujur…, Kopeng juga dihiasi dengan perempuan-perempuan penjaja cinta eh… seks, yang siap diajak kencan di kamar-kamar singgah yang banyak tersedia di Kopeng.

Bandungan
jalan di bandungan Sekitar 20 km dari Salatiga. Seperti halnya Kopeng, Bandungan adalah tempat dingin dengan produk khas tanaman hias. Pasar Bandungan terkenal dengan buah-buahan, khususnya klengkeng Bandungan. (sampai dilagukan oleh Didi Kempot lho..). Tahu Bandungan juga terkenal, dan tak kalah terkenal di Bandungan adalah ketersediaan perempuan-perempuan pramu-nikmat sesaat.

Sembir (Sarirejo), “Alaska” (Alas Karet)
pelacur Kompleks pelacuran di Salatiga, terletak di dekat kuburan “Ngebong”, (dekat Kantor Kecamatan Sidorejo). Sembir terkenal disamping Kopeng dan Bandungan untuk urusan “begituan”. Namun jujur saja, selain di Sembir, Kopeng dan Bandungan, di Kota Salatiga, juga ada tempat-tempat tertentu yang biasa digunakan untuk mangkal para perempuan penjaja seks.

Gunung Telomoyo
jalan ke telomoyo Puncak Telomoyo dapat dicapai dengan mudah menggunakan sepeda motor, berjarak kurang lebih 18 km dari Salatiga. Bahkan dengan mobil-pun bisa, asal tidak berpapasan di jalan… (kami pernah naik ke puncak dengan KIA Sedona, teman kami pernah dengan Mazda E2000, tapi jangan coba-coba pakai sedan, jalannya banyak rusak, lobangnya agak dalam-dalam). Puncak Telomoyo dimanfaatkan oleh beberapa instansi untuk memasang antene komunikasi. Bagi yang suka hal-hal spiritual, Puncak Telomoyo termasuk diperhitungkan sebagai tempat penting.

gunung merbabuGunung Merbabu
Kira-kira 20 km dari Salatiga. Puncak Merbabu dapat dicapai hanya dengan jalan kaki atau pakai helicopter…. Terkenal dengan bunga Edelweise-nya, dijangkau melalui Kopeng.

Ketep Pass
ketep pass Sekitar 20 km dari Salatiga, merupakan tempat untuk melihat keindahan Gunung Merapi. Ketep Pass, dilengkapi dengan Ketep Volcano Theater, tempat menyaksikan film tentang Gunung Merapi.

Gedong Sanga
candi gedong sanga Sekitar 25 km dari Salatiga, tepatnya di”atas” Bandungan, adalah dataran tinggi dengan 9 candi Hindu. Selain candi, di Gedong Sanga juga dapat disaksikan asap belerang, sebuah aktivitas vulkanik, “bocoran” dari aktivitas Gunung Ungaran. Gedong Sanga terkenal dengan wisata “naik kuda”. Hati-hati jika ke Gedong Sanga, ada satu ruas jalan dengan tanjakan sangat curam, kalau tidak siap-siap, mobil bisa tidak kuat menanjak.

GUA MARIA KEREP

Gua Maria Kerep merupakan salah satu objek ziarah yang cukup terkenal bagi penganut agama Katolik, terutama di Jawa Tengah bagian utara. Gua Maria yang diresmikan pada tahun 1954 ini pada saat pembukaannya telah diberkati dengan air suci dari Lourdes.

Di Gua Maria ini juga pernah terjadi mukjizat-mukjizat, yaitu kesembuhan dari penyakit, dan sebagainya. Fasilitas-fasilitas yang ada diantaranya gedung serbaguna (aula), gedung transit 2 lantai, ruang doa di sudut komplek doa, serta stasi-stasi Jalan Salib.

Di lingkungan Gua Maria juga telah dibangun rumah kaca untuk tempat pertemuan, taman doa yang indah, tempat parkir yang luas, serta kios-kios yang menyediakan alat-alat kebutuhan doa. Di sepanjang jalan menuju Gua Maria juga terdapat banyak warung-warung makan yang menyediakan berbagai macam menu yang menarik.Untuk info lebih lanjut tentang GMKA, klik disini














Lokasi





www.salatiga.biz

0 komentar: